Literasi Digital: Penerapan Pada Pembelajaran Sejarah dalam Mencari Sumber Belajar di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti

Authors

  • Nikela Nikela a:1:{s:5:"en_US";s:25:"Universitas Negeri Padang";}
  • Hera Hastuti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/rnhsjr.v1i1.2

Abstract

Penggunaan internet sebagai sumber belajar sejarah pada saat sekarang ini sangat sering dilakukan, permasalahan artikel penelitian ini yaitu: siswa menggunakan smartphone dan cenderung menggunakan internet sebagai sumber belajar sejarah karena mudah diakses dan praktis, siswa mencari referensi sejarah di internet tidak paham dengan apa yang mereka cari serta guru tidak memberikan arahan kepada siswa mengenai referensi apa yang harus diakses oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan literasi digital sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Dalam penelitian ini digunakan metode studi evaluative dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan angket untuk guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan literasi digital pada pembelajaran sejarah terutama dalam mencari sumber belajar siswa masih menggunakan teknik ambil tiru dari internet, guru tidak memberikan arahan kepada siswa mengenai website atau jurnal apa yang harus di akses oleh siswa, guru juga tidak mengawasi serta mendampingi siswa dalam mencari referensi di internet, guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengakses internet sehingga berdampak kepada kurang pahamnya siswa terhadap temuan mereka di internet. Hal inilah kemudian yang menyebabkan tujuan literasi digital tidak tercapai.

Downloads

Published

2023-02-14

How to Cite

Nikela, N., & Hastuti, H. (2023). Literasi Digital: Penerapan Pada Pembelajaran Sejarah dalam Mencari Sumber Belajar di SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Ranah Sejarah: Journal of Historical Science and Education, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.24036/rnhsjr.v1i1.2