Analisis Kebutuhan Pengembangan Mind Maps Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Nilai-nilai Kesejarahan Dalam Pembelajaran Sejarah

Authors

  • Lela Afriyanti Universitas Negeri Padang
  • Ridho Bayu Yefterson Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/rnhsjr.v2i1.34

Abstract

ABSTRACT

This research aims to collect information to determine the need for developing a mind maps learning media to increase students' historical values in history learning. The research in this article uses qualitative research methods using descriptive datadxid. The data collection technique uses observation and interviews, with this technique the researcher was able to find a needs analysis for the development of digital museum media. The results of the research analysis in this article are student analysis and curriculum analysis. From the analysis of students, it was found that students need learning media that is able to increase historical values, because teachers have not been able to develop media, especially technology-based media. Then there is a curriculum analysis, where the curriculum used is the independent curriculum, with the material used is Phase F material for class can analyze internal and external factors in the growth of national movement organizations, (2) Students are able to explain national movements in moderate/cooperative periods, (3) Students are able to explain national movements in political periods, (4) Students are able to understand the concept of historical values in learning history.

Keywords: Needs Analysis, Learning Media, Mind Maps, Historical Values

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk pengumpulan informasi guna mengetahui kebutuhan terhadap pengembangan sebuah media pembelajaran mind maps untuk meningkakan nilai-nilai kesejarahan peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Penelitian di dalam artikel inimenggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan data deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara, dengan teknik tersebut peneliti mampu menemukan analisis kebutuhan dari pengembangan media museum digital. Hasil analisis penelitian di dalam artikel ini yaitu analisis peserta didik dan analisis kurikulum. Dari analisis peserta didik ditemukan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang mampu meningkatkan nilai-nilai kesejarahan, karena guru belum mampu mengembangkan media, terlebih lagi media yang berbasis teknologi. Kemudian ada analisis kurikulum, dimana kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka, dengan materi yang digunakan adalah materi Fase F kelas XI tentang Pergerakan Nasional, kemudian capaian pembelajaran adalah menjelaskan peristiwa dan usaha yang dilakukan dalam pergerakan kebangsaan Indonesia dengan tujuan pembelajaran yaitu : (1) Siswa dapat menganalisis faktor internal dan eksternal tumbuhnya organisasi pergerakan nasional, (2) Siswa mampu menjelaskan pergerakan nasional dalam periode moderat/kooperatif, (3) Siswa mampu

menjelaskan pergerakan nasional dalam periode politik, (4) Siswa mampu memahami konsep nilai-nilai kesejarahan dalam pembelajaran sejarah.

Kata kunci : Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran, Mind Maps, Nilai-nilai Kesejarahan 

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Afriyanti, L., & Ridho Bayu Yefterson. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan Mind Maps Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Nilai-nilai Kesejarahan Dalam Pembelajaran Sejarah. Ranah Sejarah: Journal of Historical Science and Education, 2(1), 51–61. https://doi.org/10.24036/rnhsjr.v2i1.34